Contoh Artikel Reportase dan Wawancara

TUGAS REPORTASE & WAWANCARA KELOMPOK JURNALIS 2

KAMPUSZONE:

Mengenal Gedung Parkiran Utama UNJ

 IMG02350-20121025-1355

 

Hai pembaca setia… kali ini penulis bakal kupas abis tentang salah satu fasilitas kampus kita loh! Ya! Gedung Parkiran Utama UNJ yang belum lama ini telah di resmikan. Kenapa harus bahas fasilitas yang satu ini ya? Kenapa gak fasilitas yang lebih keren lainnya aja? Mau tau sebabnya?? Check this out!

Seperti yang sudah kita ketahui, kampus tercinta kita, Universitas Negeri Jakarta (UNJ) adalah satu-satunya perguruan tinggi negeri yang terdapat di kota Jakarta, Indonesia. Berdiri pada tahun 1964 yang sebelumnya lebih kita kenal dengan sebutan IKIP Negeri Jakarta. UNJ juga termasuk dalam kategori perguruan tinggi negeri favorit loh! Universitas yang di Rektori oleh Bapak Prof Dr Bedjo Sujanto, MPd dan berlokasi di Jalan Rawamangun Muka, Pulogadung, Jakarta Timur ini tahun lalu telah mencapai hingga 37.000 orang peminat calon mahasiswa baru (sumber: http://www.antaranews.com). Wow, keren kan!

Di setiap universitas pasti memiliki fasilitas sarana dan prasarana. Untuk di UNJ sendiri fasilitas tersebut adalah laboraturium, workshop, studio, Bank (BNI dan Bukopin), poliklinik, kafetaria, gedung kemahasiswaan, wisma UNJ, gedung sarana olahraga, gedung serbaguna, pusat komputer dan internet, perpustakaan, dan juga gedung parkiran.  Mari bahas lebih lanjut tentang Gedung Parkiran Utama!

Gedung Parkiran yang terletak di setelah pintu masuk utama Universitas Negeri Jakarta, saat ini memiliki 6 lantai. Bapak Hasan Basri selaku Narasumber kali ini dan petugas gedung tersebut mengatakan bahwa sebetulnya pembangunan gedung ini belum selesai tapi sudah bisa digunakan sebagai alternatif dari masalah sempitnya ruas untuk pejalan kaki di dalam universitas.  Gedung ini memang dikhususkan untuk kendaraan motor.  Walaupun terdiri dari 6 lantai, tapi yang layak di gunakan hanya 4 lantai dengan kapasistas ±500 motor di setiap lantainya. Jadi bila di akumulasikan, total quota yang dapat di tampung oleh gedung ini berkisar ±2000 motor!

Gedung Parkiran ini beroperasi mulai dari jam 06.00 pagi hingga jam 21.00 malam, dengan biaya yang di kenakan Rp1000,- untuk setiap motornya. Oh iya! Gedung ini juga memiliki fasilitas penitipan helm dengan biaya Rp1000,- loh… wah, jadi dengan modal Rp2000,- saja, motor serta helm kita sudah aman. Menurut Bapak Hasan, keamanan di gedung ini dapat dipercaya, karena petugas yang bertugas menjaga di gedung ini kurang lebih ada 20 orang.

Ketika penulis bertanya tentang keefektifan penggunaan tanda atau karcis parkiran, Bapak Hasan, sosok yang sudah bekerja disini selama 4 tahun mengatakan bahwa lebih efektif menggunakan kertas/karcis yang sudah ada seperti sekarang ini, karena jika menggunakan kartu maka akan menambahkan beban untuk pembuatan kartu tersebut dan memberikan kerugian yang lumayan jika karcis dalam bentuk kartu tersebut hilang.

Nah, jika karcisnya hilang, konsekuensi yang telah di berikan adalah dengan membayar denda. Dan tentunya jika karcis tersebut hilang, kemungkinan motor kalian tidak bisa bisa keluar loh! Alias di tahan! Tapi itu tidak berlaku jika kalian membawa STNK asli motor kalian. Yang terakhir, tentang kekurangan dari gedung ini adalah pembangunan yang belum selesai sehingga mengakibatkan bangunan tampak kurang rapih dan kurang enak dilihat. Yup! Itu dia informasi-informasi yang kita dapat tentang Gedung Parkiran Utama UNJ, semoga makin berkembang dan berguna untuk kita semua ya!

 

Penulis : Arista Sefreeyeni

Akuntansi Reguler A 2012

Reportase dan Wawancara dilakukan tanggal 25 Oktober 2012

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s